Minggu, 16 Mei 2010

Cita Cita

Di waktu kecil saya pernah ditanya oleh orang tua saya “Kalau besar mau jadi apa riz?”, dengan tanpa berfikir panjang saya langsung menjawab “Saya ingin jadi Tentara”. Kedua orang tua saya tersenyum lebar saat mendengar kata-kata yang saya ucapkan. Dalam hati mereka berdo’a mudah-mudahan keinginanku itu bisa tercapai, walaupun saya menjawab asal-asalan saja.

Pada suatu hari saya melewati markas TNI angkatan darat, ketika saya lagi melewati markas itu saya sedang melihat tentara TNI yang sedang latihan. Saya berhenti sejenak di tempat latihan TNI itu. Dan saat saya melihat TNI itu sedang berlatih saya terpikir sesaat dengan apa yang saya katakan dengan cita-cita saya yang ingin menjadi TNI. Saya berpikir bahwa menjadi TNI itu tidak segampang yang dipikirkan tetapi jika ingin menjadi TNI harus berusaha terlebih dahulu dengan susah payah dari penerimaan calon TNI, kesehatan, latihan yang berat dan fisik yang fit sekali. Lalu setelah melihat latihan TNI itu saya ketika sampai di rumah saya langsung berbicara dengan orang tuasaya bahwa "Bu saya gak jadi dach jadi TNI INDONESIA", lalu ibu saya menjawab "lah!!! mang napa riz" saya menjawab "tidak ah bu,,, Rizki mikir kalau jadi TNI tidak gampang karena semuanya harus sehat baik jasmani maupun rohani bu...." lalu ibu saya tersenyum saja mendengar jawaban saya tadi.

Lalu Ibu saya langsung bilang ke saya " Riz.... menentukan dan menggapai cita-cita itu tidak gampang makanya kamu harus lebih giat lagi menuntut ilmu apapun yang berguna, jadi jika kamu sudah mempunyai ilmu dan kamu menguasai suatu ilmu maka dari situ kamu sudah dapat menggapai cita-citamu dengan rahmat Allah SWT...., makanya kamu jangan malas untuk menuntut ilmu dan yang kamu yang harus tuntut ilmunya bukan hanya dunia saja tapi ilmu akhirat itu juga penting untuk kamu." saya menjawab "ya Bu.....".

Setelah saya mendengar nasehat serta masukan dari ibu saya tadi saya langsung berfikir bahwa cita-cita itu tidak gampang untuk dicapai jika tidak ada keninginan dan usaha untuk menggapai cita-cita kita.

Tanks mom.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar